Seputar Peradilan

Majelis Hakim PA Tabanan Gelar Descente Perkara Waris

Descente terhadap obyek yang berada di Desa Banjar Anyar

Tabanan – Majelis Hakim yang diketuai Drs. Barwanto, S.H beserta Hakim Anggota Ahmad Hodri, S.H.I, M.H dan Imdad, S.H.I, M.H, dibantu Hj. Elvi Rosyida, S.H dan Lukmanul hakim, S.Kom sebagai Jurusita Pengganti/saksi, Selasa (27/09/2016) lalu melakukan sidang pemeriksaan setempat (descente) dalam perkara sengketa waris Nomor 0004/Pdt.G/2016/PA.Tbnan.

Sidang pemeriksaan setempat dilaksanakan atas 8 obyek sengketa yakni, 5 obyek berada di Desa Banjar Anyar, 2 obyek berada di Desa Abiantuwung dan 1 obyek berada di Desa Kediri yang semuanya masuk wilayah Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Ketiga desa tersebut berada tidak jauh dari Kantor PA Tabanan. Perjalanan hanya ditempuh sekitar 15 menit menuju masing-masing desa tersebut yang lokasinya saling berdekatan.

Sidang dimulai tepat pukul 10.00 WITA yang dibuka di Kantor Perbekel Banjar Anyar yang dihadiri oleh para pihak yang berperkara. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan menuju obyek sengketa dengan disaksikan oleh perbekel masing-masing dan pengawalan aparat kepolisian dari Babinkamtibmas Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Pelaksanaan sidang berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti dan berakhir sekitar pukul 12.00. WITA dan ditutup dilokasi pemeriksaan terakhir, yakni di Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan. Pada kesempatan itu Drs. Barwanto, S.H selaku ketua majelis mengaku puas dengan pelaksanaan sidang ditempat kali ini. Semua obyek sengketa dapat diperiksa dengan baik dan sesuai dengan fakta persidangan, meskipun ada satu obyek yang sengketa yang batas sebelah baratnya telah berubah, namun hal tersebut telah diakui oleh para pihak, karena saat ini memang telah berubah kepemilikan. [imdad.doc]