Seputar Peradilan

Descente, Bukan Jalan-jalan Biasa

Tabanan – Pemeriksaan setempat  adalah sarana yang disediakan oleh peraturan perundang- undangan kepada hakim komisioner atau majelis hakim guna memperjelas suatu fakta atau objek yang sedang disengketakan. Dalam bahasa Belanda selain gerechtelijke plaatsopneming, pemeriksaan setempat dikenal juga dengan  istilah  plaatselijke opneming en onderzoek, check on the spot, dan descente.

Dalam rangka memperjelas obyek sengketa itulah, Kamis (29/9/2016), atas dasar  permohonan bantuan yang disampaikan oleh Pengadilan Agama Denpasar, majelis hakim Pengadilan Agama Tabanan beserta tim menuju lokasi obyek sengketa yang berada di wilayah Desa Brembeng, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Tim tersebut terdiri Dodi Yudistira, S.Ag, MH (Ketua Majelis), Ahmad Hodri, SHI, MH (Hakim Anggota), Imdad, SHI, MH (Hakim Anggota) dan Lukmanul Hakim, S.Kom (Saksi).

Sebelum menuju lokasi, tim terlebih dahulu mendatangi Kantor Perbekel Brembeng. Di sana tim disambut dengan ramah. Perbekel juga menyatakan kesediannya menjadi pendamping, sekaligus saksi dalam pemeriksaan setempat sesuai dengan surat yang sudah disampaikan sebelumnya.

Panasnya matahari siang itu tidak menyurutkan tim untuk menelusuri tapak demi tapak tanah seluas 2.250 m2 yang dikelilingi oleh hamparan sawah dan hijaunya pepohonan. Karenanya tim menganggap bahwa pemeriksaan setempat siang itu bukanlah jalan-jalan biasa. [imdad.doc]